Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Renungan Katolik Kamis 22 Februari 2024

Daftar Isi
Renungan Katolik Kamis 22 Februari 2024

Renungankatolik.id – Bacaan dan Renungan Katolik Kamis 22 Februari 2024, Pesta Takhta St. Petrus, Warna Liturgi Putih.

Renungan Katolik Kamis 22 Februari 2024

Daftar Bacaan Liturgi dan Renungan Katolik Kamis 22 Februari 2024 sebagai berikut:

Renungan Katolik Kamis 22 Februari 2024
Bacaan Pertama1 Petrus 5:1-4
Mazmur TanggapanMzm 23:1-3a.3b-4.5.6
Bait Pengantar InjilMatius 16:18
Bacaan InjilMatius 16:13-19

Renungan Katolik 22 Februari 2024

Adapun Bacaan Liturgi dan Renungan Katolik Kamis 22 Februari 2024 adalah sebagai berikut:

Bacaan Pertama - 1 Petrus 5:1-4

Saudara-saudara yang terkasih, sebagai teman penatua dan saksi penderitaan Kristus, yang juga akan mendapat bagian dalam kemuliaan yang akan dinyatakan kelak,

aku menasihati para penatua di antara kamu: Gembalakanlah kawanan domba Allah yang ada padamu, jangan dengan terpaksa, tetapi dengan sukarela sesuai dengan kehendak Allah, dan jangan karena mau mencari keuntungan, tetapi dengan pengabdian diri.

Janganlah kamu berbuat seolah-olah kamu mau memerintah atas mereka yang dipercayakan kepadamu, tetapi hendaklah kamu menjadi teladan bagi kawanan domba itu.

Maka, apabila Gembala Agung datang, kamu akan menerima mahkota kemuliaan yang tidak dapat layu.

Demikianlah Sabda Tuhan.
U. Syukur Kepada Allah.

Mazmur Tanggapan - Mzm 23:1-3a.3b-4.5.6

Ref. Tuhanlah gembalaku, tak'kan kekurangan aku.

  1. Tuhan adalah gembalaku, aku tidak kekurangan: 'ku dibaringkan-Nya di rumput yang hijau, di dekat air yang tenang. 'Ku dituntun-Nya di jalan yang lurus demi nama-Nya yang kudus.
  2. Sekalipun aku harus berjalan di lembah yang kelam, aku tidak takut akan bahaya, sebab Engkau besertaku; sungguh tongkat penggembalaan-Mu, itulah yang menghibur aku.
  3. Kausiapkan hidangan bagiku di hadapan lawanku. Kauurapi kepalaku dengan minyak dan pialaku melimpah.
  4. Kerelaan yang dari Tuhan dan kemurahan ilahi, mengiringi langkahku selalu sepanjang umur hidupku. Aku akan diam di rumah Tuhan sekarang dan senantiasa.

Bait Pengantar Injil - Matius 16:18

Ref. Alleluya, alleluya, alleluya.

Engkau adalah Petrus, di atas batu karang ini Aku akan mendirikan Gereja-Ku, dan alam maut tidak akan menguasainya.

Bacaan Injil - Matius 16:13-19

Sekali peristiwa Yesus tiba di daerah Kaisarea Filipi. Ia bertanya kepada murid-murid-Nya, “Kata orang, siapakah Anak Manusia itu?”

Jawab mereka, “Ada yang mengatakan: Yohanes Pembaptis, ada juga yang mengatakan: Elia, dan ada pula yang mengatakan: Yeremia atau salah seorang dari para nabi.”

Lalu Yesus bertanya kepada mereka, “Tetapi apa katamu, siapakah Aku ini?” Maka jawab Simon Petrus, “Engkau adalah Mesias, Anak Allah yang hidup!”

Kata Yesus kepadanya, “Berbahagialah engkau Simon bin Yunus, sebab bukan manusia yang mengatakan itu kepadamu, melainkan Bapa-Ku yang di surga.

Dan Aku pun berkata kepadamu: Engkau adalah Petrus, dan di atas batu karang ini akan Kudirikan Gereja-Ku, dan alam maut tidak akan menguasainya.

Kepadamu akan Kuberikan kunci Kerajaan Surga, dan apa yang kaulepaskan di dunia ini akan terlepas di surga.”

Demikianlah Sabda Tuhan.
U. Terpujilah Kristus.

Renungan Harian Katolik Kamis 22 Februari 2024

Dalam bacaan ini, Yesus mengadakan percakapan dengan murid-murid-Nya di daerah Kaisarea Filipi mengenai identitas-Nya. Ia pertama-tama menanyakan pendapat orang lain tentang siapakah Anak Manusia itu.

Murid-murid menjawab dengan beberapa pendapat yang berbeda. Namun kemudian Yesus mengajukan pertanyaan langsung kepada mereka, "Tetapi apa katamu, siapakah Aku ini?"

Petrus, seorang dari murid-murid itu, dengan tegas menjawab, "Engkau adalah Mesias, Anak Allah yang hidup!"

Dalam jawaban ini, Petrus menyatakan iman dan pengakuan bahwa Yesus adalah Sang Mesias yang telah ditunggu-tunggu, Anak Allah yang hidup.

Mendengar pengakuan ini, Yesus memberikan pujian kepada Petrus dan mengatakan bahwa tidak ada manusia yang memberitahukan hal ini kepada Petrus, melainkan Bapa-Nya di surga.

Yesus juga memberitahu Petrus bahwa ia adalah "Petrus," yang berarti "batu karang," dan di atas iman dan pengakuan Petrus, Yesus akan membangun Gereja-Nya.

Yesus juga memberikan kunci Kerajaan Surga kepada Petrus, yang menunjukkan otoritas yang diberikan-Nya kepadanya. Tindakan Petrus dalam dunia ini akan terikat di surga, dan keputusannya akan memiliki dampak di dalam Kerajaan Surga.

Renungan dari bacaan ini mengajarkan kita beberapa hal. Pertama, pengenalan dan iman kita terhadap Yesus Kristus sebagai Mesias dan Anak Allah yang hidup sangat penting.

Itu adalah dasar iman Kristen kita. Kedua, sebagai pengikut Kristus, kita menerima panggilan untuk membangun dan mendukung Gereja-Nya di dunia ini.

Ketiga, kita juga didorong untuk menggunakan kunci Kerajaan Surga yang diberikan-Nya kepada kita, dengan memberlakukan kehendak-Nya di bumi.

Mari kita renungkan dan bertanya kepada diri sendiri, apakah kita sungguh-sungguh mengakui Yesus sebagai Mesias dan Anak Allah yang hidup? Apakah iman kita mempengaruhi tindakan dan pelayanan kita dalam membangun Gereja-Nya di dunia ini?

Dan apakah kita menggunakan kunci Kerajaan Surga untuk melibatkan diri dalam kehendak-Nya di dunia ini? Semoga bacaan ini memperkuat iman dan komitmen kita sebagai pengikut Kristus.

Doa Penutup

Allah Bapa Mahakuasa, Engkau telah mendirikan Gereja-Mu di atas wadas, dan mendasari iman kami dengan pengakuan iman para rasul.

Kami mohon, selamatkanlah kami dan jangan sampai Gereja-Mu digoncangkan oleh kekuatan apa pun.

Dengan pengantaraan Tuhan kami, Yesus Kristus, Putra-Mu, yang hidup dan berkuasa bersama Dikau dalam persatuan Roh Kudus, Allah, sepanjang segala masa. Amin.

Demikianlah Bacaan Liturgi dan Renungan Katolik Kamis 22 Februari 2024.