Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Renungan Katolik Minggu 21 Januari 2024

Renungan Katolik Minggu 21 Januari 2024

Renungankatolik.id – Bacaan dan Renungan Katolik Minggu 21 Januari 2024, Hari Minggu Biasa III, Hari Minggu Sabda Allah, Warna Liturgi Hijau.

Renungan Katolik Minggu 21 Januari 2024

Daftar Bacaan Liturgi dan Renungan Katolik Minggu 21 Januari 2024 sebagai berikut:

Renungan Katolik Minggu 21 Januari 2024
Bacaan PertamaYunus 3:1-5.10
Mazmur TanggapanMzm. 25:4bc-5ab.6-7bc.8-9
Bacaan Kedua1 Korintus 7:29-31
Bait Pengantar InjilMarkus 1:15
Bacaan InjilMarkus 1:14-20

Renungan Katolik 21 Januari 2024

Adapun Bacaan Liturgi dan Renungan Katolik Minggu 21 Januari 2024 adalah sebagai berikut:

Daftar Isi

Bacaan Pertama - Yunus 3:1-5.10

Untuk kedua kalinya Tuhan berfirman kepada Yunus, "Bangunlah, dan berangkatlah ke Niniwe, kota besar itu. Sampaikanlah kepadanya seruan yang Kufirmankan kepadamu." Maka bersiaplah Yunus, lalu pergi ke Niniwe, sesuai dengan firman Allah.

Niniwe adalah sebuah kota yang mengagumkan besarnya, tiga hari perjalanan luasnya. Mulailah Yunus masuk ke dalam kota itu sehari perjalanan jauhnya, lalu berseru, "Empat puluh hari lagi Niniwe akan ditunggangbalikkan."

Orang Niniwe percaya kepada Allah, lalu mereka mengumumkan puasa; baik orang dewasa maupun anak-anak mengenakan kain kabung.

Ketika Allah melihat perbuatan mereka itu, yakni bagaimana mereka berbalik dari tingkah lakunya yang jahat, maka menyesallah Allah karena malapetaka yang telah dirancangkan-Nya terhadap mereka; dan Ia pun tidak jadi melakukannya.

Demikianlah Sabda Tuhan.
U. Syukur Kepada Allah.

Mazmur Tanggapan - Mzm. 25:4bc-5ab.6-7bc.8-9

Ref. Tuhan adalah kasih setia bagi orang yang berpegang pada perjanjian-Nya.

  • Beritahukanlah jalan-jalan-Mu kepadaku, ya Tuhan, tunjukkanlah lorong-lorong-Mu kepadaku. Bawalah aku berjalan dalam kebenaran-Mu dan ajarlah aku, sebab Engkaulah Allah yang menyelamatkan aku.
  • Ingatlah segala rahmat dan kasih setia-Mu, ya Tuhan, sebab semuanya itu sudah ada sejak purbakala. Ingatlah kepadaku sesuai dengan kasih setia-Mu, oleh karena kebaikan-Mu, ya Tuhan.
  • Tuhan itu baik dan benar, sebab itu Ia menunjukkan jalan kepada orang yang sesat. Ia membimbing orang yang rendah hati menurut hukum, dan Ia mengajarkan jalan-Nya kepada orang-orang yang rendah hati.

Bacaan Kedua - 1 Korintus 7:29-31

Saudara-saudara, waktunya singkat! Sebab itu dalam waktu yang masih sisa ini mereka yang beristeri hendaknya berlaku seolah-olah tidak beristeri; orang-orang yang menangis seolah-olah tidak menangis;

orang-orang yang bergembira seolah-olah tidak bergembira; dan orang-orang yang membeli seolah-olah tidak memiliki apa yang mereka beli.

Pendeknya orang-orang yang mempergunakan barang-barang duniawi seolah-olah sama sekali tidak mempergunakannya. Sebab dunia seperti yang kita kenal sekarang ini akan berlalu.

Demikianlah Sabda Tuhan.
U. Syukur Kepada Allah.

Bait Pengantar Injil - Markus 1:15

Ref. Alleluya, alleluya, alleluya, alleluya.

Kerajaan Allah sudah dekat. Percayalah kepada Injil!

Bacaan Injil - Markus 1:14-20

Sesudah Yohanes Pembaptis ditangkap, datanglah Yesus ke Galilea, memberitakan Injil Allah. Yesus memberitakan, "Waktunya telah genap.

Kerajaan Allah sudah dekat. Bertobatlah dan percayalah kepada Injil!" Ketika Yesus sedang berjalan menyusur Danau Galilea, Ia melihat Simon dan Andreas, saudara Simon.

Mereka sedang menebarkan jala di danau, sebab mereka itu penjala ikan. Yesus berkata kepada mereka, "Mari, ikutlah Aku, dan kamu akan Kujadikan penjala manusia." Mereka pun segera meninggalkan jalanya, dan mengikuti Yesus.

Setelah Yesus meneruskan perjalanan-Nya sedikit lagi, dilihat-Nya Yakobus anak Zebedeus, dan Yohanes saudaranya, sedang membereskan jala di dalam perahu.

Yesus segera memanggil mereka, dan mereka meninggalkan ayahnya, Zebedeus, di atas perahu bersama orang-orang upahannya. Lalu mereka mengikuti Yesus.

Demikianlah Sabda Tuhan.
U. Terpujilah Kristus.

Renungan Harian Katolik Minggu 21 Januari 2024

Bacaan dari Injil Markus 1:14-20 mengisahkan tentang tindakan Yesus yang memanggil para murid-Nya, Simon, Andreas, Yakobus, dan Yohanes, untuk mengikut-Nya dalam pekerjaan pelayanan-Nya. Bahan renungan dari bacaan ini dapat memberikan pelajaran dan inspirasi bagi kita dalam hubungan dengan Yesus dan panggilan-Nya kepada kita.

1. Yesus memberitakan Injil Allah: Yesus datang ke Galilea dengan misi untuk memberitakan kabar baik tentang Kerajaan Allah. Hal ini mengingatkan kita akan pentingnya menyebarkan kebenaran dan kasih Allah kepada orang lain.

2. Waktu dan Kerajaan Allah: Yesus mengatakan bahwa "Waktunya telah genap. Kerajaan Allah sudah dekat." Ini mengajarkan kita tentang pentingnya mempersiapkan diri kita untuk menyambut Kerajaan Allah dan hidup dalam kehendak-Nya di dunia ini.

3. Panggilan Yesus kepada Simon, Andreas, Yakobus, dan Yohanes: Yesus memanggil mereka, yang saat itu bekerja sebagai nelayan, untuk meninggalkan pekerjaan dan mengikuti-Nya. Ini mengajarkan kita tentang keberanian dan kesiapan untuk meninggalkan apa pun yang menghalangi kita untuk mengikut Yesus sepenuhnya.

4. Ikut Yesus, menjadi penjala manusia: Ketika Simon dan Andreas bergabung dengan Yesus, Dia berjanji akan menjadikan mereka "penjala manusia." Artinya, mereka akan mendapatkan panggilan baru untuk melayani dan menyebarkan Injil, membawa orang lain kepada Yesus.

5. Kesediaan dan keberanian: Simon, Andreas, Yakobus, dan Yohanes secara spontan meninggalkan segala sesuatu yang mereka miliki dan mengikuti Yesus. Ini mengajarkan kita tentang pentingnya memiliki kesediaan dan keberanian untuk meninggalkan segala sesuatu yang mengikat kita, untuk mengikuti Yesus dengan sepenuh hati.

Dari bacaan ini, kita bisa merenungkan tentang pentingnya mengenal dan mengikuti Yesus, serta menyebarkan Injil kepada orang lain. Kita juga diajak untuk memiliki kesediaan dan keberanian untuk meninggalkan segala sesuatu yang menghambat kita dalam mengikut Yesus.

Melalui pelayanan dan keteladanan kita, kita dapat menjadi "penjala manusia" dan membawa orang-orang kepada Yesus.

Doa Penutup

Allah Bapa kami, melalui Yesus Kristus, Putra-Mu, Engkau telah memanggil kami untuk bertobat dan percaya kepada Injil. Kami mohon, berilah kami keberanian untuk menanggapi panggilan-Mu dan menempuh jalan yang ditunjukkan oleh Yesus Kristus.

Dengan pengantaraan Tuhan kami, Yesus Kristus, Putra-Mu, yang hidup dan berkuasa bersama Dikau dalam persatuan Roh Kudus, Allah, sepanjang segala masa. Amin.

Demikianlah Bacaan Liturgi dan Renungan Katolik Minggu 21 Januari 2024.